Makara Biru Muda dan “Garpu Tala”

May 17, 2013


Dulu pas kecil ditanya cita-cita mau jadi apa pasti langsung jawab mau jadi seorang Pramugari. Kalau ditanya alasannya apa? Kalau jadi pramugari bisa naik pesawat tiap hari, jalan-jalan ke luar negeri gratis, dan image seorang pramugari itu cantik-cantik. Kenapa mau banget naik pesawat tiap hari? Karena dari kecil sampe sekarang belum pernah naik pesawat padahal cukup sering ke bandara tapi Cuma anter atau jemput pakde dan papa kalau lagi pergi naik pesawat. Tapi akhirnya aku ngerasain naik pesawat juga kemarin saat mau balik ke Solo dari Bekasi.
 
Okey segitu aja bahas tentang pramugari, karena cita-cita jadi pramugari pupus ditengah jalan akibat aku sadar bahasa Inggris ku kurang fasih (yang ku tahu pramugari harus bisa bahasa Inggris), dan aku pendek tidak terlalu tinggi –“. Setelah pupus menjadi pramugari aku bercita-cita jadi dokter. Mulai mau jadi dokter umum, gigi, dan terakhir jadi dokter anak. Sama kayak pramugari tadi cita-cita jadi dokter pun sirna saat SMA akibat kebaru tahuan aku bahwa jadi dokter itu tesnya punya nilai rata-rata yang jauh tinggi banget dari jurusan lain dan biaya kuliah yang mahal –“.

By the way saat SMA aku memang masuk dalam jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Tetapi aku bukan seperti anak IPA lainnya yang menyukai pelajaran fisika dan kimia –“. Dua mata pelajaran itu aku gak ngerti semasa sekolah dari SMP hingga SMA. Akhirnya saat keadaan mendesak untuk segera menentukan jurusan di jenjang kuliah nanti (red kelas 2 dan 3 SMA) aku mulai memutar otak dan mencari cara bagaimana caranya supaya tidaj bertemu mata pelajaran itu saat kuliah dan akhirnya aku menemukannya ^^. Psikologi jurusan yang gak ada mata pelajaran fisika dan kimia serta gak ada akuntansi (tapi ternyata ada statistic –“).

Setelah mantap dengan pilihan Psikologi, mulai lah memperluas informasi tentang Psikologi dan ternyata Psikologi itu jurusannya anak IPS di mayoritas perguruan tinggi. Jeng jeng jeng….. mulai galau masa iya ganti cita-cita lagi gara-gara hal itu?. Mulai lah mencai tau info lagi DAN BINGO!!! Ketemu lah jurusan Psikologi untuk anak lulusan SMA IPA di 3 PTN yaitu Universitas Andalas (Padang), Universitas Padjajaran (Jati Nangor), dan Universitas Sebelas Maret (Surakarta). Menurut info yang aku dapat UnPad adalah yang terbaik dari 3 PTN tadi, kenapa? Psikologi di Unpad sudah menjadi sebuah Fakultas dan Psikologi Unpad sudah ada sejak lama sehingga dari kualitas dan akreditasi pasti sudah tidak diragukan lagi. Bukannya Unand dan UNS tidak bagus tetapi Unpad bisa dikatakan lebih “Senior” disbanding 2 PTN lainnya.

Akhirnya aku memutuskan untuk memiliih Psikologi UNS dalam daftar pilihan jurusan saat tes tulis SNMPTN tahun 2012. Lho ko UNS? Bukannya tadi milih Unpad? Awalnya memang Unpad tapi karena menurut hasil TO passing grade yang kau dapatkan gak sampai kalo aku memilih Psikologi Unpad akhirnya aku memilih Psikologi UNS. Alhamdulillah saat tes semua lancar. Oh iya Psikologi UNS aku masukkan dalam pilihan 2 karena aku berdomisili di Bekasi, Jawa Barat yang masuk wilayah 1 jadi pilhan pertama harus dari wilayah 1 sedangkan UNS ada di wilayah 2. Tanggal pengumuman tiba dan aku diterima di Psikologi UNS, yap di pilihan 2 tadi. Sudah pasti seneng banget keterima di jurusan yang aku mau dan pilih sendiri. Semua masalah dan hal-hal printilan tentang mahasiswa berasa gak ada karena keterima di jurusan yang kau mau dan masuk PTN. 

Singkat cerita pindah ke Solo untuk kuliah, ngekost sendiri di Solo, dan jauh dari orang tua. Awal sebelum berangkat hal-hal itu gak jadi masalah tapi saat sudah dijalani, semua berubah. 3 bulan awal di Solo tiap hari nangis mulu karena mau pulang ke Bekasi dan ternyata jarak dai Bekasi-Solo itu jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget. Sekitar 12 jam naik bus, 10 jam naik kereta, ya walaupun Cuma 2jam naik pesawat tapi papah gak bolehin aku naik pesawat karena tiketnya mahal –“. Barulah sadar kalau sebenernya mama pernah nawarin untuk ngambil Psikologi di PTS yang pernah aku daftar dan keterima tapi aku yang belum mikirin sejauh ini menolaknya dengan alasan kalau PTN lebih baik. Memang PTN lebih baik tapi kalau lebih jauh dan bikin aku nangis dan homesick doang , gimana coba? –“. 

Hhm post ini kan judulnya MAKARA BIRU MUDA, nah aku kan lulus SMA tahun 2012 dan masih dapat kesempatan untuk tes masuk PTN tahun ini. Tahun ini aku mencoba peruntungan untuk mencoba tes lagi dan tetap memilih jurusan Psikologi tapi di PTN yang lebih dekat dari bekasi. Mungkin kesannya aku manja banget gak bisa jauh dari orang tua, tapi emang bener sih –“, jauh dari rumah rasanya ko sendiri banget didunia ini *lebay*. Pasti beberapa orang taulah PTN mana yang bakal aku pilih pas tes nanti. PTN ini memiliki Fakultas Psikologi tertua di Indonesia dan memiliki Makara berwarna Biru Muda. Di UNS aku mendapatkan jas almamater berwarna biru muda dan semoga tahun ini jas almamater ku kuning Makara ku Biru Muda, AMIN!. Semoga tahuhn ini bisa jadi part WE ARE THE YELLOW JACKET!!! Dan pastinya dengan Makara Biru Muda tadi ^^

AMIN!

ΨFinish~

Love, 
Kartikaryani

You Might Also Like

2 Comment

  1. lalu sekarang hasilnya gimana teteh? *kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum rezekinya masuk sana kayaknya, sekarang masih di Psikologi UNS semester 6 :)

      Delete

Warung Blogger

Warung Blogger

Like us on Facebook

Kumpulan Emak Blogger